Rabu, 10 Januari 2024

SETELAH DUA TAHUN BERHENTI MELAYANI MASYARAKAT, KINI BUS TRANS JATIM KEMBALI BEROPERASI

Bus Trans Jatim Koridor 1 Rute Sidoarjo-Surabaya-Gresik

SIDOARJO – Bus Rapid Transit (BRT) Trans Sidoarjo merupakan transportasi massal di Kabupaten Sidoarjo yang menerapkan sistem transportasi bis cepat, murah dan ber-AC. BRT Trans Sidoarjo resmi beroperasi pada 21 September 2015.

Sejak pemberlakuan pembatasan massal akibat pandemi Covid-19 pada April 2020, operasional satu-satunya layanan BRT dengan nama Trans Sidoarjo relasi Porong–Purabaya via Tol dihentikan total. Bahkan seluruh unit bus mulai dialih fungsikan pada trayek bus kota regular. Setelah pembatasan sosial mulai dilonggarkan di kawasan Surabaya Raya sejak akhir 2021, beberapa media massa mulai mengabarkan bahwa Trans Sidoarjo akan diaktifkan lagi setelah vakum hampir selama dua tahun, dengan beberapa perubahan dan peningkatan layanan.

Halte Terminal Larangan Sidoarjo

 Kini Dinas Perhubungan mulai mengoperasikan bus Trans Jatim pada 19 Agustus 2022, yang diresmikan Gubernur Jawa Timur khofifah Indar Parawansa. Yuk kita cari tahu lebih dalam tentang Bus Trans Jatim kita sekarang sebelum menumpangi bus transit antar kota ini.

Mengutip dari unggahan postingan Instagram @Dishubjatim, terkait desain Trans Jatim yang diusung yaitu bergaya Jawa Timuran dan menggunakan nama Raden Wijaya untuk merujuk pada singkatan Ramah Aman Dinamis Ekonomis dan Nyaman-Wujud Inovasi JAtim berkarYA.

Crew Bus Trans Jatim Koridor 1 Rute Sidoarjo-Surabaya-Gresik

Bus Trans Jatim beroperasi setiap hari mulai pukul 05.00-21.00 WIB. Jam operasional ini dirasa sesuai dengan mobilitas masyarakat untuk di jam pergi dan pulang kerja. Bus Trans Jatim Koridor I melayani rute perjalanan Gresik-Sidoarjo via Surabaya. Terdapat total 32 bus yang melewati sederet halte berikut.

C:\Users\Administrator\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\_DSC4057.jpg
Bus Trans Jatim Koridor 1 Rute Sidoarjo-Surabaya-Gresik

Tarif bus Trans Jatim ditetapkan dalam dua kategori, yaitu umum dan pelajar. Adapun tarif yang dikenakan untuk menikmati transportasi publik ini yaitu Tarif Umum Rp 5.000 dan Tarif Pelajar serta Santri Rp 2.500 (Berlaku bagi pelajar dan santri yang menggunakan seragam atau menunjukkan kartu identitas pelajar).

Terdapat empat metode pembayaran bus Trans Jatim. Pembayaran dapat dilakukan secara tunai maupun non tunai. Tarif integrasi antar koridor bus Trans Jatim telah berlangsung sejak 9 September 2023.

Tiket Bus Trans Jatim Koridor 1 Rute Sidoarjo-Surabaya-Gresik

Berdasarkan pidato Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam acara peresmian layanan Trans Jatim pada 19 Agustus 2022, keberhasilan proyek ini akan berpotensi dilanjutkan dengan penambahan koridor-koridor lainnya pada masa mendatang. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan setelah berhasil mengoperasikan bus Trans Jatim koridor I (Sidoarjo - Surabaya - Gresik), koridor II (Surabaya - Mojokerto), pada 18 Oktober 2023 Jatim telah resmi mengoperasikan bus Trans Jatim koridor III yakni Mojokerto - Gresik, Kepala Dinas Perhubungan Jatim Nyono mengatakan bahwa rencana selanjutnya setelah Bus Trans Jatim Koridor III yakni koridor IV yang diprioritaskan melayani rute Gresik-Lamongan dan koridor V yang melayani rute Surabaya-Bangkalan.


(MRN)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi Bela Palestina Bersama Umsida

Sidoarjo- 7 Mei 2024 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo menggelar aksi bela Palestina yang dilaksanakan di la...