Selasa, 09 Januari 2024

PERSIAPAN SISWA KELAS 12 UNTUK PENDAFTARAN PERGURUAN TINGGI NEGERI

 

Sidoarjo, 09 Januari 2024

 

SIDOARJO, JAWA TIMUR – Siswa kelas 12 yang akan menjadi Mahasiswa Baru, saat ini tengah mempersiapkan diri untuk pendaftaran Pergururuan Tinggi Negeri (PTN). Mulai dari mempersiapkan rencana belajar efektif, planning program studi, hingga planning PTN yang akan dituju beserta rencana tempat tinggal (kos/pulang-pergi).

Berdasarkan planning-planning yang disiapkan, terdapat siswa yang memilih program studi dan PTN berdasarkan pilihan orang tua, ada pula yang memilih berdasarkan minat dan potensi yang dimiliki, hingga siswa yang memilih program studi dan PTN secara random (sesuka hati).

“kalau aku dari pilihan orang tua, tapi disesuaikan juga sama minatku, yang penting nggak melenceng dari pilihan orang tua,” ujar Icha.

“aku awalnya ada pilihan dari orang tua, tapi aku ada pilihan sendiri juga,” ujar Devi.

“aku udah ada pilihan program studi dan kampus itu udah dari lama, dari sejak SMP bahkan,” ujar Risma.

“kalau aku emang minat di program studi dan kampus itu sih, jadi buat SNBP dan SNBT program studi dan kampus pilihan nya tetap,” ujar Oliv.

“kalau kampus yang aku pilih, karena emang minat dan alumni nya yang masuk di kampus tujuanku lewat jalur SNBP udah banyak. Jadi lihat track record alumni sekolah juga,” ujar Jihan.

Memasuki saat-saat pendaftaran, Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2024 telah resmi dirilis oleh Kemendikbudristek (Kementrian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi) pada tanggal 09 Desember 2023, dengan 2 jalur seleksi masuk PTN, yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Adapun timeline SNBP dan SNBT sebagai berikut




Berdasarkan timeline yang telah dirilis oleh panitia SNPMB, siswa kelas 12 yang merupakan calon Mahasiswa Baru tentu telah mempersiapkan diri untuk mendaftar di PTN yang akan dituju, terutama siswa yang berencana untuk mengikuti jalur SNBT.

“nanti kalau ga lolos SNBP, ada rencana buat SNBT,” ujar Jihan.

“aku karena udah minat dan tertarik banget, jadi aku nekat walaupun pilihanku agak susah, kan nanti rencana SNBT juga,” ujar Oliv.

“kan kalau ga lolos nanti mau coba dimaksimalin di SNBT, jadi gapapa agak nekat,” ujar Risma.

Terdapat macam-macam persiapan yang disiapkan oleh siswa kelas 12, salah satunya adalah mempersiapkan diri sejak semester 1 dengan melakukan rekap nilai rapor semester 1 hingga semester 5.

“aku bahkan ngerangkum nilaiku dari semester 1 dan cari rata-rata nya biar aku sendiri tau nilaiku stabil apa enggak,” ujar siswa inisial NP.

“aku sendiri juga sebenarnya nggak seambis itu, yang rajin belajar dari semester 1 atau ada target nilai. Aku cuma rekap nilai ku aja, sekedar biar tau perkiraannya aman atau enggak, kan kalau stabil bahkan naik ya alhamdulillah, InsyaaAllah ada kesempatan, tapi nggak berharap juga,” lanjut NP.

Terdapat pula siswa yang persiapan dan belajarnya dilakukan secara sistematis dan terstruktur serapih mungkin hingga aktif dalam mengikuti kompetisi dan perlombaan dengan tujuan masuk dalam kategori eligible dan dapat dengan positif lolos SNBP dengan dibantu oleh sertifikat-sertifikat kejuaraan yang menunjang. Namun ternyata, dalam platform media sosial tak sedikit yang mengungkapkan bahwa dengan metode persiapan seperti itu berakhir gagal di SNBP. Hingga banyak content creator edukasi (terutama yang membahas tentang persiapan pendaftaran PTN) mengatakan bahkan manyarankan jika mendaftar PTN melalui jalur SNBP jangan berharap pada hasilnya.

Berdasarkan kasus di atas, akhirnya tak sedikit siswa kelas 12 yang mengikuti jalur SNBP tanpa persiapan dan sekedar ingin memanfaatkan kesempatan yang ada karena SNBP adalah jalur masuk PTN tanpa adanya tes serta bebas biaya pendaftaran, sehingga tentu saja mereka yang merupakan tipe-tipe siswa seperti itu tidak menaruh harapan terhadap hasil yang akan keluar. Namun, banyak yang mengatakan bahwa siswa yang sedikit persiapan dalam jalur SNBP seringkali lolos.

“malah biasanya anak-anak yang sekedar ingin mencoba dan asal memilih itu lolos SNBP,” ujar NP.

“kita nyoba SNBP aja, ga kepikiran SNBT, soalnya tes, hehe”

“kalau ga lolos kita mau ke UT,” ujar Devi dan Icha.

Beberapa siswa berencana akan ke UT (Universitas Terbuka) apabila gagal dalam pendaftaran PTN. Devi dan Icha menyebutkan bahwa kalau di UT bisa lebih fleksibel apabila di tengah jalan terdapat rencana untuk bekerja.

Beralih dari SNBP, tak sedikit pula siswa kelas 12 yang juga mempersiapkan diri untuk SNBT. Mulai dari siswa yang masih hanya rencana, siswa yang sudah memulai untuk belajar, hingga siswa yang sudah mulai mencuri start belajar sejak menduduki bangku kelas 11.

“aku ga ambil SNBP, ambil SNBT aja, soalnya kalau lolos di jalur SNBP itu nanti mutlak sampai seterusnya. Jadi aku nyiapin diri buat di SNBT dari awal ketentuan SNPMB tahun ini keluar,” ujar inisial AZ.

“kalau aku udah curi start dari tahun lalu sih, waktu tahu tahun lalu sistem tes PTN jalur SBMPTN berubah jadi SNBP, aku udah mulai mempelajari tipe-tipe soalnya dikit-dikit,” ujar inisial AP.

“beda banget, kalau aku sih udah pasti ikut SNBT, tapi masih mager buat belajar, takut nanti tiba-tiba sistemnya berubah kayak tahun kemarin. Ternyata beneran, sekarang malah ada soal essay,” ujar NP.

“aku dapet bocoran dari kakak kelas angkatan sebelumnya kalau ada bank soal berbayar sama tryout-tryout gratis gitu. Nanti rencana juga mau nyoba opsi itu, kalau ada bank soal yang murah ya beli, tapi kalau mahal kayaknya bakal maksimalin di tryout-tryout gratis aja sih,” lanjut AP.

“aku udah beli buku belajarnya, sama nanti belajar lewat tutor-tutor di youtube, tiktok. Tapi aku belajar masih 20%,” ujar Oliv.

“aku udah beli buku belajarnya, nanti belajarnya pakai itu,” ujar Jihan.

“aku beli buku belajar, sekarang proses belajar masih di 40%,” ujar Risma.

“aku kalau buku itu ga ada rencana buat beli, soalnya suka ngantuk kalau baca buku, dan ini udah lumayan mepet juga waktu nya. Jadi mau belajar singkat langsung lewat soal-soal aja, nanti dipahami disitu,” lanjut NP.

 

(NA)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi Bela Palestina Bersama Umsida

Sidoarjo- 7 Mei 2024 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo menggelar aksi bela Palestina yang dilaksanakan di la...