Rabu, 10 Januari 2024

Kisah Inspiratif Youtuber Muda: Jerome Polin dan Negara Sakura

Picture by @jeromepolin Instagram

Siapa yang tak kenal youtuber muda satu ini? Jerome Polin Sijabat atau biasa lebih dikenal dengan nama panggungnya yakni Jerome Polin. Ia adalah seorang Content Creator sekaligus Youtuber dari Indonesia yang berhasil lulus dengan nilai yang sempurna dari Waseda University, Jepang  jurusan Matematika Terapan dengan IPK 4,0.

Jerome Polin terkenal dengan kemampuannya yang pandai di bidang Matematika, hingga apapun yang ia temui pasti akan dihitung terlebih dahulu. Aneh bukan? Tapi ya begitulah kira kira sosoknya. Dikutip dari channel YouTube @azkacorbuzierofficial, Jerome mengaku tidak terlalu menyukai pelajaran Matematika. Namun, pemikirannya tentang matematika berubah sejak ibunya berkata bahwa matematika itu ibarat permainan puzzle.

Ketika kita berhasil memecahkan puzzle tersebut, pasti akan ada rasa senang karena telah berhasil memecahkan teka teki tersebut. Sama halnya, seperti matematika, ketika kita berhasil menemukan gimana sih cara menyelesaikan suatu soal pasti kita akan merasa oh ternyata begini ya caranya. Semenjak itulah, ia merasa jatuh cinta terhadap bidang tersebut.

Sejak kecil Jerome Polin sudah termotivasi untuk bisa berkesempatan belajar di luar negeri, dikarenakan teman temannya yang sering berbagi cerita berapa serunya bisa liburan ke luar negeri. Sayangnya, ia terlahir di keluarga yang tidak begitu tercukupi sehingga tidak bisa mengalami apa yang dirasakan oleh teman sebayanya. Bahkan ketika, Jerome menyampaikan keinginannya untuk kuliah di luar negeri, mereka tak sanggup untuk membiayai-nya. Kemudian, mereka memberi saran bahwa sebaiknya dia harus mengambil beasiswa saja. Mereka yakin bahwa Jerome bisa mendapatkan beasiswa penuh karena Jerome merupakan siswa yang berprestasi.

Lantas dengan saran kedua orang tuanya, Jerome Polin pun berusaha apply di berbagai program beasiswa dari beberapa kampus ternama. Rupanya, ia berhasil diterima di Nanyang Technological University Singapura. Namun ternyata ia hanya mendapatkan beasiswa setengah saja. Hal itu pun sempat membuat nya merasa down. Bahkan orang  tua-nya rela menjual segala harta benda agar ia bisa berkuliah, namun dirinya menolak. 

Tampaknya keberuntungan masih berpihak padanya, ia mendapatkan kabar dari sang kakak  bahwa ada sebuah perusahaan Jepang (Mitsui Bussan) yang mengadakan beasiswa full. Mendengar hal itu, ia menjadi semangat kembali untuk mengejar cita citanya.  Kerja keras serta ketekunannya membuat dia bisa mewujudkan impiannya, ia mendapatkan beasiswa tersebut dari 16.000 pendaftar. 

Tak hanya terjun di bidang content creator, nyata ia juga menjalankan bisnis food & beverage bersama kakaknya bernama Menantea yang kini mencapai 125 outlet. Saat ini dia aktif di media sosial seperti Instagram, YouTube, Tiktok, dan Twitter. Dirinya sering membagikan aktivitas kesehariannya di sana. Di media sosialnya tersebut, Jerome juga sering memberikan tips dan trik dalam mengerjakan soal Matematika. 

Jerome juga selalu memberi motivasi dan semangat kepada generasi milenial yang ingin mengejar beasiswa luar negeri. Dia selalu berkata bahwa “Yang paling penting adalah kamu tidak menyerah walaupun usahamu tidak langsung membuahkan hasil. Jika terus berusaha dan bersabar, suatu hari nanti kamu akan merasakan manisnya perjuanganmu”.


(SAF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi Bela Palestina Bersama Umsida

Sidoarjo- 7 Mei 2024 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo menggelar aksi bela Palestina yang dilaksanakan di la...