Sabtu, 23 Desember 2023

Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Anak: Efek Positif dan Negatif

 




Sidoarjo – gadget sudah menjadi bagian dari hidup semua orang. Tak sedikit dari mereka mengalami perundungan, pencurian data, hingga kejahatan di sosial media.

 

Tidak heran jika orang tua mengkhawatirkan anaknya Ketika bermain gadget ber jam-jam di media sosial yang berbeda. Karena kejahatan banyak sekali, bahkan di semua platform media sosial.

 

Gadget dapat memberi dampak positif pada perkembangan anak, seperti meningkatkan kreativitas, kemampuan berkomunikasi, dan sosial anak.

Gadget dapat mendukung anak untuk belajar secara mandiri melalui akses tak terbatas ke informasi. Anak dapat mencari informasi, membaca buku digital, dan mengeksplorasi dunia dengan lebih luas. 

 

Di balik manfaat positif gadget, masih terdapat dampak negatif penggunaan gadget terhadap tumbuh kembang anak. Gadget dapat menghambat perkembangan bicara pada anak. Hal ini terjadi karena anak menghabiskan waktu lebih banyak di depan layar gadget dibandingkan berinteraksi dengan orang lain. akibatnya, anak kurang berinteraksi dengan orang lain dan kurangnya kemampuan bicara pada anak.

“ seringnya bermain gadget pada anak berusia balita mengakibatkan keterlambatan tumbuh kembang anak serta anak jadi banyak diam daripada berinteraksi dengan teman maupun orang tua nya” ujar vivi.

 

Gadget membawa pengaruh buruk pada pembentukan karakter anak yang disebabkan oleh konten-konten yang kurang baik. Contohnya, terdapat berbagai video di platform Youtube yang dapat mengakibatkan anak berperilaku kurang sopan terhadap orang yang lebih dewasa dan berkata kasar. Karena seringnya anak terhadap gadget, apa yang di lihatnya akan ditiru.

 

Oleh karena itu, peran orang tua sangatlah penting dalam mengatur penggunaan gadget pada anak-anak. Dengan melakukan pemantauan, mengatur waktu layer dan membatasi konten-konten yang sesuai usianya, dampak positif dari penggunaan gadget dapat ditingkatkan dan efek negatifnya dapat diminimalisir.


(CH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi Bela Palestina Bersama Umsida

Sidoarjo- 7 Mei 2024 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo menggelar aksi bela Palestina yang dilaksanakan di la...