Kamis, 14 Desember 2023

WISATA RELIGI MAKAM KH ALI MAS’UD SIDOARJO

Makam KH Ali Mas'ud Sidoarjo, Jawa Timur

Sidoarjo – KH Ali Mas’ud atau yang dikenal dengan Mbah Ud adalah tokoh agama islam terkenal di Sidoarjo bahkan Jawa Timur. Beliau merupakan ulama yang diberi pangkat kewalian. Kisah hidup beliau masih menjadi perbincangan hingga sekarang.
 
Makam beliau terletak di Pagerwojo, Kec. Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Tempat ini selalu ramai peziarah terutama pada Kamis malam Jumat Legi. Merupakan salah satu destinasi wisata religi yang wajib didatangi bila berada di Sidoarjo.

Suasana Kamis malam Jumat, makam KH Ali Mas'ud Sidoarjo


Mengutip dari arrahim.id, Mbah Ud lahir di Sidoarjo pada tahun 1908 dan meninggal pada tahun 1979. Gus Ud merupakan putra kedua dari tiga bersaudara. Ayahnya berasal dari desa Sono, kecamatan Buduran Sidoarjo. Ayahnya merupakan pengasuh Pondok Pesantren Sono, Buduran, Sidoarjo. Jika dilihat dari garis keturunan, nasab beliau bersambung hingga Sunan Syarif Hidayatullah. Hingga sekarang masyarakat desa Pagerwojo maupun umum meyakini bahwa beliau merupakan salah satu Waliyullah (Wali gusti Allah SWT). 

Bagi kalian pecinta wisata religi dan ingin datang berziarah ke makam KH Ali Mas’ud cukup dengan membayar seikhlasnya untuk parkir, kalian bisa menikmati suasana ziarah dengan peziarah yang lain dengan nyaman. Apalagi dengan banyaknya UMKM warga sekitar yang berjualan makanan, minuman hingga barang-barang yang bisa dijadikan buah tangan.

Tertarik mengunjunginya?

(BM)

2 komentar:

Aksi Bela Palestina Bersama Umsida

Sidoarjo- 7 Mei 2024 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo menggelar aksi bela Palestina yang dilaksanakan di la...