Kamis, 14 Desember 2023

WASPADA DBD DI TENGAH MUSIM HUJAN

 

14 Desember 2023

Pada musim hujan penyakit demam berdarah dangue (DBD) meningkat. DBD merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dangue. Virus ini dibawa atau ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti yang suka hidup di tempat gelap serta di genangan-genangan air yang kotor.

WHO mengatakan bahwa kejadian demam berdarah meningkat 30 kali lipat selama 50 tahun terakhir. Dari sekitar 2,5 miliar orang yang beresiko terkena demam berdarah secara global, sekitar 70% diantaranya tinggal di negara-negara asia pasifik.

Gejala-gelaja DBD pada orang dewasa adalah tiba-tiba demam tinggi, sakit kepala yang berat, munculnya ruam kulit. Sedangkan gelaja DBD pada anak demam tinggi secara tiba-tiba, sakit perut atau perut terasa nyeri ketika ditekan, trombosit menurun. 

Cara mencegah agar tidak terdampak penyakit DBD adalah dengan gunakan lotion anti nyamuk, melakukan fogging dirumah apalagi saat musim hujan tiba. Pangkas dan bersihkan tanaman liar dipekarangan rumah, menguras bak mandi seminggu sekali bersihkan juga wadah-wadah menampung lainnya. 

Masyarakat dihimpau untuk bersama-sama melakukan pencegahan menularan penyakit DBD, melalui kegiatan pemantauan jentik-jentik secara berkala dan pemberantasan sarang nyamuk (PSN 3M) menguras tempat yang sering menjadi penampungan air, menutup rapat tempat-tempat penampungan air, memanfaatkan Kembali barang bekas yang bernilai ekonomis.

(C.P)

1 komentar:

Aksi Bela Palestina Bersama Umsida

Sidoarjo- 7 Mei 2024 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo menggelar aksi bela Palestina yang dilaksanakan di la...