Senin, 25 Desember 2023

POSYANDU REMAJA : Upaya Peningkatan Mutu Kesehatan Remaja di Gempolsari Tanggulangin

23 Desember 2023

Sidoarjo - Posyandu remaja adalah kegiatan mengenai kesehatan yang diperuntukkan khusus untuk remaja. Seperti yang sedang dilaksanakan di desa Gempolsari kecamatan Tanggulangin ini. Desa Gempolsari kecamatan Tanggulangin telah menerapkan kegiatan ini mulai dari satu tahun yang lalu. Setiap satu bulan sekali para kader posyandu remaja melakukan pemeriksaan pada remaja di beberapa tempat. Kali ini Sabtu (23/12/23) kegiatan rutinan tersebut dilaksanakan di desa Jogodayo. Pemeriksaan ini mendatangkan seorang bidan dan diikuti oleh para pelajar. Sebanyak 21 pelajar yang hadir pada kegiatan bulan ini. Dalam satu tahun ini desa gempolsari sudah mencatat sebanyak 194 anak remaja yang rutin hadir di setiap kegiatan.

Remaja yang mengikuti kegiatan ini akan dilakukan pemeriksaan baik dari pengecekan tensi, penimbangan berat badan, serta pengukuran tinggi badan lalu dilanjutkan dengan pemberian Tablet Fe atau tablet penambah darah dengan tujuan untuk pencegahan anemia.

Remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Masa remaja sering disebut masa terlabil, di mana seorang anak berusaha mencari jati dirinya. Maka tidak salah jika dikatakan bahwa masa remaja adalah masa rentan dengan berbagai permasalahan. 

"Kabupaten yang kuat juga didorong oleh pemuda yang kuat dan pemuda yang kuat ditentukan oleh pola hidupnya sendiri," ucap Bupati Sidoarjo, Gus Muhdlor.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap generasi remaja, pemerintah menghadirkan posyandu remaja untuk mendampingi para remaja menghadapi fase-fase krusial dalam hidupnya. Meski posyandu remaja biasanya hanya dilaksanakan setiap satu bulan sekali, ada banyak manfaat yang dapat diraih dari program ini. Beberapa manfaat dari kegiatan ini adalah sebagai wadah untuk memperoleh pengetahuan mengenai kesehatan, membekali remaja untuk memiliki keterampilan hidup sehat, sebagai sarana sosialisasi remaja, dan kesehatan pada remaja akan terus terpantau.


(ST)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi Bela Palestina Bersama Umsida

Sidoarjo- 7 Mei 2024 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo menggelar aksi bela Palestina yang dilaksanakan di la...