Selasa, 12 Desember 2023

Menjelang Natal Dan Tahun Baru Harga Cabai Mengalami Kenaikan

 

Di Pasar Sukodono, Sidoarjo, Jawa Timur 13 Desember 2023.

Saat ini harga pangan menjelang akhir taun banyak sekali yang mengalami kenaikan seperti Gula, Beras, Cabai Dan bahan- bahan pangan lainnya, dan faktor terjadinya kenaikan harga - harga pangan ini bukan hanya karna mendekati akhir tahun, tapi juga karna faktor cuaca yang saat ini tidak mendukung, Akan tetapi ada beberapa bahan pangan yang mengalami kenaikan drastis seperti cabai maupun bawang. Bahkan kenaikan harga cabai bisa naik seribu perharinya.


Di Sukodono pada awal Desember harga cabai dan tomat di pasar mengalami kenaikan, Harganya hampir dari setengahnya.


Berdasarkan Informasi pedagang di Pasar Sukodono, Harga cabai sebelumnya Rp 35 ribu per kg. Namun, saat ini naik menjadi Rp 80 - 90 ribu per kg. Sedangkan harga cabai jenis besar naik hampir 50 persen atau Rp 90 - 100 ribu per kg dari yang sebelumnya kisaran Rp 30 ribu per kg.


Salah satu pedagang, Awik Mengatakan, naiknya harga cabai di karenakan banyaknya permintaan pembeli di tengah suplai yang menurun.

"Harganya naik karna biasanya sedikit pemasok, Harga murah karna banyaknya pemasok," Katanya Rabu (13/12).

Begitu juga dengan Badri, pedagang sayur cabai dan tomat, Menurut nya kenaikan bahan pokok tersebut karna pada bulan ini akan ada perayaan hari natal dan tahun baru.

"Naiknya, mungkin bisa jadi karna menjelang natal dan tahun baru," ucapnya.


Melihat dari beberapa tanggapan dari para pedagang di Pasar Sukodono, Naiknya harga tersebut berpengaruh terhadap jumlah pembeli, dan mereka berharab kenaikan harga di pasar dapat di tekan, Agar pembeli ramai datang kembali ke pasar.


(M.S) 

1 komentar:

Aksi Bela Palestina Bersama Umsida

Sidoarjo- 7 Mei 2024 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo menggelar aksi bela Palestina yang dilaksanakan di la...