Selasa, 12 Desember 2023

Komoditas Mini Bus dan Likuiditas Ekonomi Pengemudi Lintas Sidoarjo Malang

 


Gempol, Pasuruan, Jawa Timur 12 Desember 2023.


Sebuah jalan yang dipenuhi berbagai macam kendaraan mulai dari sepeda motor, truk, mobil, dan lainnya. Angkutan umum merupakan salah satu dari mereka, biasanya warga disini menyebutnya mini bus. Pertigaan Gempol, dimana laju kendaraan dari berbagai arah, ke arah Bangil, ke arah Sidoarjo, ke arah Malang. Banyak dari mereka yang lewat sini untuk pergi ke tujuan mereka. Disini, akan dibahas mengenai angkot yang mengarah dari Sidoarjo ke Malang dan Malang ke Sidoarjo. Beberapa dari mereka melaju dari perputaran tersebut setiap hari dan setiap waktu.


Dengan penekanan pada likuiditas ekonomi yang mereka dapat setiap saatnya, perkiraan yang tidak impas antara bensin, kebutuhan komoditas pengemudi dan apa yang mereka dapatkan dari menarik secercah rupiah melalui masyarakat yang ikut menaikinya. Kekurangan ini dapat kita lihat dari pengemudi mini hus yang beraktivitas di malam hari dengan sedikitnya penumpang yang digapai oleh pengemudi angkot yang hendak pergi ke arah malang. 40 ribu rupiah di genggaman setiap selesai mengemudi dan kembali ke garasi, namun ini dirasa tidak cukup karena harga bensin yang sudah naik juga tidak memungkinkan pengemudi mini bus untuk membayar kebutuhan lainnya. 40 ribu yang didapat pengeluaran pun 40 ribu untuk bensin maka 40 ribu tersebut habis dan tidak ada lagi keuntungan untuk memenuhi kebutuhan pokok pengemudi.


Menanggapi hal ini, diperlukan kepedulian masyarakat terkait transportasi umum. Mengingat kondisi udara yang semakin tidak baik, alangkah baiknya masyarakat menggunakan transportasi umum agar dapat menetralisir polusi dan mengurangi emisi karbon dioksida dan mensejahterakan masyarakat setempat terutama pengemudi mini bus yang telah disebutkan.


(M.G)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi Bela Palestina Bersama Umsida

Sidoarjo- 7 Mei 2024 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo menggelar aksi bela Palestina yang dilaksanakan di la...