Kamis, 14 Desember 2023

DAMPAK MUSIK TERHADAP KESEHATAN MENTAL GENERASI Z

 

Studio Nada Musika, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (13/12/2023)

Musik merupakan alat yang dapat merelaksasikan fikiran serta hiburan yang dapat mengubah suasana hati. Lantunan dan irama musik dapat mengurangi gejala depresi, menurunkan tekanan darah, hingga menurunkan rasa cemas yang berlebihan.

  Musik disebut memiliki kekuatan untuk meningkatkan dan menstabilkan kesehatan fisik, mental, serta emosi seseorang. Dengan kata lain, musik bisa membantu seseorang meningkatkan dan menstabilkan kesehatan mental. Rasa bahagia, motivasi, dan ketenangan bisa didapatkan ketika mendengarkan musik.

  “Biasanya anak-anak muda zaman sekarang kalau lagi depresi atau stress kan pasti dengerin lagu yang ambyar-ambyar gitu kan, nah itu yang bikin para gen z ini merasa semakin stress ketika habis dengerin lagu seperti itu.” Ucap Pak Edi (Musisi & Produser), pada Rabu (13/12/2023)

  Maka dari itu, ketika kita mengalami depresi atau stress kita dianjurkan untuk mendengarkan musik yang dapat membuat suasana hati kita menjadi lebih baik. Salah satu caranya ialah dengan membuat playlist berisi lagu-lagu yang membangkitkan energi positif kita. Ini bisa mencakup lagu-lagu yang membuat kita merasa bahagia, energik, atau senang. Saat kita merasa sedih atau stress, kita dapat membuka playlist ini untuk membantu mengubah suasana hati kita.

  Penelitian menunjukkan bahwa musik dapat membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan dengan memberikan gangguan positif dari pikiran dan emosi negatif. Mendengarkan musik juga dapat mengaktifkan sistem penghargaan otak, melepaskan dopamin dan bahan kimia perasaan senang lainnya yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stress.

(Z)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi Bela Palestina Bersama Umsida

Sidoarjo- 7 Mei 2024 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo menggelar aksi bela Palestina yang dilaksanakan di la...