Selasa, 26 Desember 2023

CANDI JEDONG, GAPURA PENINGGALAN KERAJAAN MAJAPAHIT. PERNAH BERKUNJUNG?


Ngoro, Mojokerto (Minggu, 24 Desember 2023)

 

MOJOKERTO, JAWA TIMUR Rupanya wilayah Mojokerto sempat menjadi Ibukota Kerajaan Majapahit. Itulah kenapa saat kita menyusuri Kabupaten Mojokerto masih banyak bangunan-bangunan gapura yang memberi kesan seperti pada masa zaman kerajaan

Candi Jedong ini terletak di Desa Watonmas Jedong, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur atau berjarak 30 km ke arah timur Kota Mojokerto. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-14, berdasarkan angka-angka yang terpahat pada Gapura.

Candi Jedong merupakan sebuah gerbang yang berbentuk Paduraksa atau gapura yang memiliki atap, dan atap nya bertingkat berbentuk piramida. Bangunan Candi Jedong ini sangat terasa nuansa kerajaan berdasarkan tipe, bentuk, dan warna bangunannya. Tak hanya itu, suasana sekitar candi ini juga sejuk dan asri.

Tempat wisata bersejarah ini hingga kini masih didatangi pengunjung, bahkan Candi Jedong ini juga kerap digunakan sebagai latar untuk foto prewed. Hingga kini Candi Jedong tetap asri dan kebersihannya terjaga. Selain indah dan nyaman dipandang mata, Candi Jedong ini juga dapat dijadikan tempat wisata sekaligus tempat belajar sejarah. Untuk dapat mengunjungi Candi Jedong ini, hanya akan dikenakan tarif parkir Rp2.000,00 dan akan diminta tanda tangan sebagai daftar pengunjung. Tertarik untuk berkunjung?

 

INFORMASI

Jam Operasional: 08.00 - 15.30 WIB

Lokasi: Jl. Candi Jedong, Jenong Kulon, Wotanmasjedong, Kec. Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur 61385.

 

 

(NA)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi Bela Palestina Bersama Umsida

Sidoarjo- 7 Mei 2024 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo menggelar aksi bela Palestina yang dilaksanakan di la...