Rabu, 10 Januari 2024

Berawal ingin ke Disneyland, berakhir mendapatkan beasiswa di Jepang

 


Jerome Polin, pemilik channel youtube Nihongo Mantappu merupakan lulusan salah satu SMA favorit di Surabaya, SMA Negeri 5 Surabaya. Dari kecil, Jerome bermimpi untuk bisa jalan-jalan ke luar negeri. Namun, karena keterbatasan ekonomi, hal itu tidak memungkinkan ia untuk bisa jalan-jalan ke luar negeri.

Jerome mengatakan bahwa ia ingin ke luar negeri supaya bisa ke Disneyland, tetapi kalau untuk liburan, pasti sebentar saja. Nah, kalau sambil belajar di luar negeri kan jadi lama. Karena keterbatasan ekonomi, Jerome tidak putus asa begitu saja. Ia mencari informasi beasiswa luar negeri full.

Akhirnya, Jerome mendapatkan informasi beasiswa full. Nanyang Technological University, atau biasa disebut NTU memberikan progam beasiswa full kepada mahasiswanya. Sejak kelas 11, Jerome sudah mempersiapkan tes NTU. Ia memanfatkan buku perpustakaan dengan meminjamnya. Bahkan saat di angkot, Jerome membuka buku itu untuk dipelajari.

Dua tahun kemudian, Jerome mengikuti tes masuk NTU. Ia merasa minder pada peserta lain. Pada saat hari pengumuman, ia senang karena dinyatakan lulus seleksi. Namun, ia tidak mendapat beasiswa full. Ia hanya mendapat setengahnya. Tentu ia sedih akan hal itu,ia pun sempat merasa putus asa.

Namun, semangatnya kembali ketika sang kakak, Jehian,menginformasikan bahwa Mitsui Bussan, sebuah perusahaan Jepang, menawarkan program beasiswa full kuliah di Jepang. Jerome kembali mempersiapkan dirinya untuk mendapatkan beasiswa itu. Namun sebelum itu, dia belajar bahasa Jepang terlebih dahulu sekitar 1,5 tahun.

Ia mengikuti tes tersebut. Jerome mengaku bahwa ia menyelesaikan tes hanya dalam waktu setengah jam. Kemudian, ia lolos ke tahap wawancara. Saat wawancara, dia mengatakan kepada pewawancara, bahwa ia mempunyai mimpi untuk menjadi menteri pendidika Indonesia. Beberapa minggu setelah itu, ia mendapat telepon. Pihak Mitsui Bussan mengatakan bahwa ia mendapatkan beasiswa tersebut.

Jerome kuliah di Waseda University dengan beasiswa full. Meskipun ia tidak mendapatkan beasiswa full di NTU, tetapi ia mendapat beasiswa Mitsui Bussan. Kalau ia mendapat beasiswa full di NTU, Nihongo Mantappu tidak akan ada. Waseda boys pun juga tidak akan ada. Hal itu membuat ia banyak bersyukur. 

Kini, ia sudah menyelesaikan kuliahnya. Jerome mendapatkan gelar Bachelor of Engineering atau sarjana teknik. Pada bukunya, Mantappu Jiwa, ia mengatakan, “Banyak jalan menuju roma. Namun, Roma yang kita tuju belum tentu Roma yang tuhan maksud”. Untuk itu, jangan putus asa dalam menggapai cita-cita, tetap optimis dan yakin, bahwa perjuangan kalian tidak sia sia.

(C.O.P)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi Bela Palestina Bersama Umsida

Sidoarjo- 7 Mei 2024 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo menggelar aksi bela Palestina yang dilaksanakan di la...