Kamis, 28 Desember 2023

SISTEM OTOMATIS BUDIDAYA AQUASCAPE

Oleh M. Fabian Erdiansyah

SURABAYA – Fenomena aquascape yang sempat viral pada Tahun 2020 dimana trend tersebut banyak digemari para netizen pada masa itu, konsep aquascape ini merupakan karya membuat ekosistem kecil di dalam satu aquarium.

Proses aquascape ini dimulai dengan mempersiapkan bahan-bahan yang akan disatukan dalam satu aquarium dan dirawat hingga membentuk ekosistem kecil yang sama di lingkungan yang di inginkan oleh pembuatnya, bahan daripada aquascape ini meliputi aquarium bebas, bibit tanaman, tanah asli dari ekosistem yang dimaksud, telur binatang baik serangga, reptil, ataupun hewan mikro yang ada pada habitat yang ingin diciptakan.

Penggemar aquascape diharuskan memahami iklim akan habitat atau ekosistem yang dimaksud dan menerapkannya selama perawatan aquascape-nya, karena pada dasarnya sang pembuat harus menyamakan perubahan cuaca yang sebenarnya terjadi dalam waktu tertentu di dunia nyata.

Kelebihan dari pembuatan aquascape ini ialah menjadikan pembuatnya memiliki wawasan baru akan lingkungan dan perubahan cuaca serta perkembangan makhluk hidup yang nyata dan juga menuntut pembuatnya menjadi rajin merawat satu hal dengan dedikasi tinggi yang akan menunjang pertembuhan psikologis menjadi pribadi yang lebih rajin dan cermat.

Namun, kekurangan daripada pembuatan aquascape ini ialah modal yang besar, rata-rata pembuatan aquascape membutuhkan biaya 1,3 juta rupiah bila dilihat dari paket aquascape full set yang dijual di online shop bahkan catatan aquascape termahal yang dimiliki oleh salah satu artis di Indonesia yaitu Irfan Hakim seharga 500 juta rupiah, setelah daripada itu pembuat juga mengorbankan waktu untuk merawat dan mengembangkan aquascape-nya juga sangat rumit dan membutuhkan bahan-bahan lain yang mungkin sulit dan mahal harganya.

Dengan kelebihan estetika dan harga jual yang tinggi bila mana berhasil aquascape ini juga memiliki resiko kegagalan yang cukup tinggi akan tetapi hingga saat ini masih banyak penggemar-penggemar baru aquascape itu sendiri yang banyak dimanfaatkan sebagai video konten edukasi dan juga penjualan paket aquascape yang dibuat sendiri, bahkan banyak ditemui komunitas-komunitas dan perlombaan aquascape ini dengan total hadiah yang cukup fantastis. 



(M.F.E)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi Bela Palestina Bersama Umsida

Sidoarjo- 7 Mei 2024 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo menggelar aksi bela Palestina yang dilaksanakan di la...