Kamis, 28 Desember 2023

BAHAYA BEGADANG BAGI OTAK REMAJA TERUTAMA PADA MAHASISWA

By Pinterest

Tidur merupakan kebutuhan kebutuhan dasar bagi manusia dikarenakan dapat memengaruhi kualitas hidup dan kesehatan, terutama pada kinerja otak kita. Mengutip dari Damien Leger (2006), fakta menunjukkan bahwa manusia menghabiskan sepertiga hidupnya untuk tidur. Tidur merupakan salah satu cara kita beristirahat, tetapi ada beberapa orang yang mengabaikan hal tersebut dengan cara ‘begadang’. Begadang sendiri dapat diartikan sebagai suatu keadaan dimana seseorang yang tetap terjaga tidak tidur sampai larut malam atau bahkan sampai pagi datang. Hal ini termasuk salah satu masalah kesehatan yang sangat penting dan harus diatasi. Namun, hal itu sering diabaikan terutama oleh mahasiswa.

Penyebab biasanya seorang mahasiswa begadang yaitu, mengerjakan tugas yang menumpuk dan mendekati deadline pengumpulan. “kalau nggak nge-laprak (laporan praktikum), ya paling revisian laprak yang kadang deadlinenya mendadak. Tapi nggak itu aja sih, kalau nggak pengen tidur ya begadang,” terang Prisca, Mahasiswi sekolah vokasi (SV) UGM tahun 2023. Hal-hal tersebut dianggap ‘lumrah’ dialami oleh mahasiswa maupun mahasiswi. Namun banyak mahasiswa tidak tahu bahwa hal tersebut sangat mempengaruhi kinerja otak mereka.

Dikutip dari laman halodoc.com, Orang-orang yang terjaga pada malam hari bertentangan dengan isyarat pengatur tidur yang kuat, seperti sinar matahari, dan mereka akan sering mengantuk pada saat siang hari dan mengalami kesulitan tidur pada malam hari. Semua masalah tidur yang terjadi, terkait dengan terganggunya irama sirkadian. Irama sirkadian sendiri merupakan salah satu dari beberapa ritme tubuh yang dimodulasi oleh salah satu bagian otak yang bernama hipotalamus. Selain itu, hal yang memengaruhi ritme tidur dari sirkadian adalah cahaya.

Penyesuaian ini tentu akan berpengaruh ke otak, sehingga memori atau ingatan pun akan ikut terpengaruh. Namun, hal yang lebih berperan adalah pasokan oksigen ke otak. Apabila tubuh mengalami kelelahan, suplai oksigen ke otak akan mengalami kekurangan. Hal ini dapat menyebabkan gejala pusing, serta kemampuan ingatan atau memori yang menurun. Dr. Devika Yuldharia selaku General Practitioner dari alodokter.com juga mengatakan, “Pada umumnya tubuh manusia sudah disetting dengan jam biologis (ritme sirkadian) saat malam hari akan beristirahat dengan tidur dan saat siang hari akan beraktivitas. Kebiasaan begadang meskipun saat siang hari tetap tidur hingga 8 jam, dapat mengubah jam biologis anda. Apabila jam biologis berubah, akan lebih sulit untuk mengembalikan jam biologis ke kondisi normal seperti semula.”

Berikut adalah hal-hal yang dapat ditimbulkan akibat dari kurang tidur (begadang) :

Cara Kerja Otak Melambat

Peneliti menemukan bahwa jika kita kurang tidur dapat menyebabkan kewaspadaan dan kosentrasi menurun. Dalam dunia medis kondisi ini disebut dengan brain fog. Istilah ini mungkin lebih familiar disebut dengan ‘lola’ atau telat berpikir (lemot). Meskipun begitu, hal ini tidak boleh disepelekan karena bisa menjadi awal penyakit demensia.

Susah Mengingat (Pelupa)

Ahli kedokteran, dr. Avelino Verceles Universitas Maryland, USA mengatakan “Saat tidur, otak merekam berbagai hal yang telah kita pelajari dan alami seharian kedalam ingatan jangka pendek” oleh karena itu, diperlukan istirahat yang cukup agar kita tidak mudah lupa.

Sulit Menerima Informasi

Kurang tidur atau kebiasaan begadang bisa memengaruhi kemampuan otak untuk memahami informasi baru lewat dua cara. Pertama, kamu akan menjadi tidak fokus, sehingga otak sulit untuk menerima informasi baru. Dengan begitu, kamu tidak dapat belajar dengan efisien. Kedua, kurang tidur berdampak pada kemampuan mengingat. Daya ingat yang lemah akan mempersulit untuk menyimpan informasi baru yang telah dipelajari ke dalam ingatan.

Hal-hal diatas pastinya dapat mengganggu perkuliahan mahasiswa terutama dalam hal produktivitas seorang mahasiswa. Oleh karena itu, mulailah ubah gaya hidup kita dengan tidak begadang.

(BM)

1 komentar:

Aksi Bela Palestina Bersama Umsida

Sidoarjo- 7 Mei 2024 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo menggelar aksi bela Palestina yang dilaksanakan di la...