Jumat, 22 Desember 2023

MANFAAT DAUN SINGKONG YANG JARANG DIKETAHUI


 SURABAYA – Tidak asing lagi dengan daun ini , yaitu daun yang berasal dari tanaman singkong yang sering kita ketahui sebagai masakan di rumah. Daun singkong ini biasanya diolah sebelum dimasak, seperti direbus atau digoreng, dan seringkali dijadikan sebagai sayuran yang enak dan gurih. Atau juga bisa sebagai urap yang biasanya dicampur dengan kecambah dan parutan kelapa yang sudah dicampuri bahan-bahan masakan. Sayuran ini mengandung kaya akan manfaat karena daun tanaman ini banyak terdapat nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan serat.

Daun singkong ini selain memiliki rasa yang lezat, juga kaya akan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Karena daun tanaman singkong ini mengandung kalori (50 kkal), protein (6,2 gram), Lemak (1,1 gram), Karbohidrat (7,1 gram), Serat (2,4 gram), Kalsium (166 miligra), Fosfor (99 miligram), Besi (1,3 miligram), Natrium (17 miligram), Kalium (23,1 miligram), Zink (2 miligram), Beta-karoten (3.204 mikrogram), Total-karoten (7.052 mikrogram), Tiamin (vitamin B1 0,04 miligram), Riboflavin (vitamin B2 0,1 miligram), Niasin (1,8 miligram), Vitamin C (103 miligram).

Beberapa manfaat yang mungkin jarang diketahui oleh khalayak umum, yaitu daun singkong bisa menyembuhkan diare, mencegah ibu hamil mengalami anemia, membantu meredakan radang sendi, meningkatkan kekuatan tulang, mencegah perkembangan bakteri dalam pencernaan, untuk mencegah paparan radikal bebas, dapat terhindar dari berbagai gangguan penyakit pada pencernaan, mengontrol berat badan, menurunkan risiko infeksi bakteri, dan menjadi salah satu bahan alami untuk membantu proses penyembuhan luka ringan, misalnya tersayat atau terjatuh, daun singkong juga mengandung flavonoid yang bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Itulah nutrisi dan berbagai manfaat daun singkong yang perlu kamu ketahui untuk kesehatan tubuh. Selain dengan mengkonsumsi makanan sehat, jangan lupa untuk selalu jaga kesehatanmu.

(PIFA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi Bela Palestina Bersama Umsida

Sidoarjo- 7 Mei 2024 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo menggelar aksi bela Palestina yang dilaksanakan di la...