Jumat, 29 Desember 2023

KEINDAHAN DAN KEUNIKAN GUNUNG LAWU DARI JALUR PENDAKIAN VIA CETO


 Karanganyar, JATIM – Gunung Lawu ialah gunung yang masih aktif hingga sekarang di Pulau Jawa. Gunung Lawu berada di perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah, tepatnya terletak diantara Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Magetan dan Kabupaten Ngawi. Untuk jalur pendakiannya sendiri ada 5 jalur pendakian, yaitu jalur pendakian Via Ceto, Via Cemoro Sewu, Via Cemoro Kandang, Via Singolangu, dan jalur pendakian Via Tambak.

Jalur pendakian Via Ceto adalah jalur pendakian yang paling menarik dan paling ramai pendaki. Karena jalur pendakian Via Ceto ini, kita akan melewati Gupak Menjangan dan Bulak Peperangan dengan pemandangannya indah yang dapat memanjakan mata. Dan di area camp Gupak Menjangan kita dapat melihat rusa liar yang berkeliaran di Gunung Lawu. Mengapa disebut Gupak Menjangan? karena nama menjangan diambil dari nama hewan yang hidup dikawasan bukit tersebut, menjangan artinya rusa liar yang hidup di Gunung Lawu. Sedangkan, Bulak Peperangan konon katanya adalah arena perang antara pasukan Kerajaan Majapahit melawan pasukan dari Cepu. Disamping itu, Bulak Peperangan adalah sabana yang sangat luas dengan rerumputan hijau yang menyejukkan hati .Ada hal menarik lagi di Gunung Lawu, yaitu disana ada warung legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1980-an. Biasanya disebut dengan warung Mbok Yem, yang merupakan warung tertinggi di Jawa.

Itulah keuntungan mendaki Gunung Lawu Jalur pendakian via Candi Ceto, banyak objek wisata yang bisa kita sambangi saat akan mendaki atau ketika perjalanan turun. Dan dengan keindahan Gunung Lawu ini, banyak para pendaki yang ingin menginjakkan kakinya disana. Untuk merasakan indahnya pemandangan Gunung Lawu dan melihat betapa luasnya sabana Gunung Lawu. Yang benar-benar memikat para pendaki dan pecinta alam di berbagai daerah, dalam Pulau Jawa hingga dari luar Pulau Jawa.

(PIFA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi Bela Palestina Bersama Umsida

Sidoarjo- 7 Mei 2024 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo menggelar aksi bela Palestina yang dilaksanakan di la...