Kamis, 28 Desember 2023

KENAIKAN DAN KELANGKAAN GULA MENJELANG AKHIR TAHUN

Oleh Akhmad Miftahul A.

Sidoarjo, Jawa Timur – Menjelang akhir tahun 2023 banyak harga sembako melonjak naik. Salah satunya adalah gula yang kini langka dan jarang sekali ditemukan. Salah satu pasar di Sidoarjo bahkan tidak memiliki stok gula untuk akhir tahun. Salah satu penyebab utama gula mengalami kenaikan yakni karena penyesuaian harga pokok produksi (HPP). 


Saat ini harga gula berkisar Rp19.000 per kilogram. Jika dilihat pada bulan-bulan sebelumnya, harga gula masih berkisar di angka Rp15.568 per kilogram. Angka ini menunjukkan bahwa kenaikan harga gula meningkat cukup signifikan dibandingkan bulan sebelumnya. 


Sepinya pembeli dirasakan oleh salah satu penjual sayur, Ibu Hartini.  Beliau mengatakan kenaikan harga gula cukup berdampak bagi dagangannya, karena gula termasuk dalam resep dari beberapa masakan yang dimana tidak ada gula maka tidak banyak juga yang membeli sayur-sayuran. 


“Harga gula naik semua, jadi yang beli sayur juga ikut sepi. Biasanya banyak yang beli buat sayur sop sama sayur kelor, tapi karena gula mahal dan langkah jadi agak sepi sekarang”. Ucap Ibu Hartini. 


Pemerintah diharapkan bisa mengendalikan harga dan kelangkaan gula di pasaran. Sebab menjelang akhir tahun biasanya banyak orang mencari gula untuk di bawa mudik ataupun sebagai pelengkap masakan.

 

(MFT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi Bela Palestina Bersama Umsida

Sidoarjo- 7 Mei 2024 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo menggelar aksi bela Palestina yang dilaksanakan di la...