Minggu, 31 Desember 2023

GEMPA BERKEKUATAN 6,7 MENGGUNCANG JEPANG

 

1 Januari 2024

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,7 mengguncang Jepang pada hari Senin, 1 Januari 2024, pukul 16.10 waktu setempat. Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer (6 mil) di lepas pantai prefektur Ishikawa, sekitar 42 kilometer (26 mil) timur laut Anamizu.  

Gempa bumi menyebabkan kerusakan di beberapa wilayah di prefektur Ishikawa. Sejumlah bangunan dilaporkan runtuh, dan listrik padam di beberapa wilayah. Belum ada laporan korban jiwa akibat gempa bumi ini.

Perdana Menteri (PM) Fumio Kishida sendiri telah menginstruksikan para menteri untuk melakukan upaya untuk menyelesaikan keadaan isolasi masyarakat. "Melanjutkan kegiatan penyelamatan yang gigih," katanya dimuat laman yang sama dalam pertemuan harian Selasa.

Kishida juga mendesak evakuasi sekunder ke daerah lain di luar daerah yang terkena gempa. Ini ditegaskan juru bicara pemerintah Yoshimasa Hayashi kepada wartawan.

Jumlah korban jiwa yang terkena dampak dari gempa ini mencapai 200 korban jiwa menurut data tanggal 10 Januari 2024

Gempa bumi ini merupakan gempa bumi terbesar yang mengguncang Jepang dalam beberapa bulan terakhir. Gempa bumi terakhir yang terjadi di Jepang berkekuatan magnitudo 6,7, mengguncang prefektur Fukushima pada bulan Maret 2023.

( C.P ) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi Bela Palestina Bersama Umsida

Sidoarjo- 7 Mei 2024 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo menggelar aksi bela Palestina yang dilaksanakan di la...